Visi dan Misi

Visi Prodi INFORMATIKA

“Pada Tahun 2035, menghasilkan lulusan yang mandiri dan unggul dalam bidang informatika di tingkat nasional serta mampu bersaing di Asia Tenggara”

Misi Prodi INFORMATIKA

Untuk mewujudkan visinya, Program Studi Teknik Informatika Universitas samudra mempunyai misi:

  1. Melaksanakan Pendidikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang komputasi cerdas, rekayasa perangkat lunak, multimedia dan jaringan komputer yang unggul.
  2. Melaksanakan penelitian bermutu guna mendukung proses pembelajaran.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam perkembangan dan pemanfaatan teknologi secara mandiri.
  4. Meningkatkan kerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintah dan swasta agar dapat bersaing dan berdaya guna.

Tujuan Prodi INFORMATIKA

Program Studi Teknik Informatika Universitas Samudra memiliki tujuan:

  1. Mengembangkan dan melaksanakan pendidikan ilmu pengetahuan di bidang pengembangan komputasi cerdas, rekayasa perangkat lunak, multimedia dan jaringan komputer.
  2. Menghasilkan penelitian teknologi tepat guna dalam merespon perkembangan teknologi.
  3. Menerapkan ilmu pengetahuan dan pemanfaatan teknologi yang berguna untuk kemajuan Masyarakat.
  4. Mempersiapkan lulusan yang dapat bersaing di dunia kerja dan menciptakan peluang kerja secara mandiri.

Sasaran Prodi INFORMATIKA

Rencana Perkembangan Jangka Panjang (RPJP) Program Studi  Teknik Informatika 2015- 2035, memuat tahapan atau target pengembangan Program Studi. Tahapan tersebut dibagi dalam Empat tahap rencana pengembangan, yaitu:

  1. Tahap I (2015 –2019), merupakan tahapan pembenahan dan penguatan kelembagaan Prodi Teknik Informatika dan pengembangan sumber daya manusia untuk pencapaian Standarisasi Nasional Tri Dharma Pendidikan Tinggi.
  2. Tahap II (2020-2024) yaitu Standarisasi Nasional Tri Dharma Pendidikan Tinggi dalam rangka penguatan daya saing prodi Teknik informatika ditingkat Wilayah.
  3. Tahap III (2025 – 2029), merupakan tahapan Standarisasi Nasional Tri Dharma Pendidikan Tinggi dalam rangka penguatan daya saing Program Studi di tingkat Nasional.
  4. Tahap IV (2030 – 2035), merupakan tahapan Standarisasi Regional Tri Dharma Pendidikan Tinggi dalam rangka penguatan daya saing Program Studi di tingkat Asia Tenggara.

Dari sasaran program studi diatas, dideskripsikan strategi pencapaian sasaran   seperti dibawah ini :

NoSASARANSTRATEGI
Penguatan Kelembagaan
1Tertatanya struktur kelembagaan berdasarkan Organisasi dan Tata Kerja (Ortaker) Universitas Samudraa.     Pemberdayaan unit-unit organisasi Program Studi melalui pembagian job description yang jelas dan tersosialisasikan

b.     Pemantauan dan Evaluasi secara berkelanjutan terhadap kinerja melalui pertemuan rutin.
2Akreditasi Program Studi Teknik Informatikab.      Merancang program kerja sesuai dengan instrumen dan tuntunan penilaian BAN PT

c.      Evaluasi secara berkelanjutan terhadap program yang telah dirancang dan dilaksanakan termasuk pencapaiannya.
Penguatan dibidang Pendidikan
3Kurikulum tersusun Sesuai dengan Kemendikbud dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM)a.     Melibatkan stakeholder dalam penyusunan kurikulum

b.     Melibatkan organisasi/asosiasi keilmuan di tingkat nasional

c.     Menyelenggarakan lokakarya berkaitan dengan pengembangan kurikulum
4Terselenggaranya proses pembelajaran yang efektif dan efesiena.       Sosialisasi pedoman akademik

b.       Pemantauan kegiatan PBM secara Berkelanjutan

c.       Workshop model/metode/strategi Pembelajaran

d.       Workshop penyusunan silabus dan SAP
5Mahasiswa lulus tepat waktua.      Pertemuan rutin dengan dosen wali akademik untuk membahas persoalan yang dihadapi oleh mahasiswa

b.     Memberikan layanan yang baik pada setiap bimbingan akademik dan skripsi

c.     Penggunaan sistem pelayanan administrasi akademik secara online

d.      Pengembangan dan penyusunan prosedur standar operasional dalam bidang pelayanan akademik

e.      Pelaksanaan sistem pengendalian studi mahasiswa setiap tahun melalui dialog, buku kendali akademik dan sosialisasi ke mahasiswa per Angkatan
6Dosen melaksanakan perkuliahan tepat waktu dan sesuai dengan RPS Program Studia.     Sosialisasi berkaitan dengan SOP perkuliahan

b.     Pembinaan terhadap dosen yang tidak mengikuti SOP

c.     Pengawasan pelaksanaan perkuliahan melalui kegiatan monitoring
7Melaksanakan kuliah tamu setiap semester minimal 1 kali sejak tahuna.     Memasukkan kegiatan kuliah umum dalam RAB Program Studi setiap tahun

b.     Bekerjasama dengan para stakeholders terkait dalam penyediaan narasumber pada setiap kuliah tamu.

c.     Bekerjasama dengan PT, Lembaga penelitian, dan instansi lainnya terkait dalam penyediaan narasumber pada setiap kuliah tamu.
8Mahasiswa memiliki kemampuan TOEFL yang memadaia.     Memasukan mata kuliah Bahasa Inggris pada kurikulum

b.     Bekerjasama dengan Upt. Bahasa Universitas Samudra dalam proses sertifikasi bahasa setiap tahun

c.     Memasukan nilai TOEFL sebagai syarat Sidang Tugas Akhir Mendorong penggunaan Bahasa Inggris dalam beberapa mata kuliah
9Mahasiswa terlibat aktif sebagai peserta atau pemakalah dalam seminar bidang Teknik Informatikaa.     Menyelenggarakan pelatihan penulisan karya ilmiah di kalangan mahasiswa

b.     Mendorong keikutsertaan mahasiswa dalam penelitian dosen

c.     Memasukan publikasi ilmiah (poster/prosiding/jurnal) sebagai syarat Sidang Tugas Akhir di tahun 2019
10Memiliki prestasi di tingkat nasional dalam bidang akademika.      Mendorong keikutsertaan mahasiswa dalam setiap penelitian dosen

b.      Mendukung keikutsertaan mahasiswa dalam lomba tingkat nasional

c.      Dukungan pendanaan dan operasional dalam penyelenggaraan kegiatan kemahasiswaan
Penguatan Sumber Daya Manusia
11Rasio dosen dan mahasiswa sesuai standar nasionala.     Pelaksanaan sistem penerimaan dosen tetap PNS

b.     Menjaga sistem penerimaan dosen secara profesional, transparan dan bertanggung Jawab
12Dosen memiliki kualifikasi doktora.       Memasukkan syarat penerimaan dosen tetap minimal S2

b.       Pengiriman dosen untuk studi lanjut dalam bentuk izin dan tugas belajar

c.       Memfasilitasi dosen dalam penerimaan beasiswa yang bekerjasama dengan pihak pemerintah
13Dosen telah tersertifikasia.      Memfasilitas sertifikasi dosen

b.      Sosialisasi sertifikasi dosen oleh Bagian Kepegawaian Rektorat
14Dosen terlibat aktif di organisasi profesia.        Menjaga keikutsertaan pimpinan dan wakil dosen dalam kegiatan pertemuan rutin organisasi/asosiasi keilmuan minimal sebagai anggota setiap tahun

b.        Mengundang perwakilan organisasi/asosiasi keilmuan dalam kuliah umum seminar/workshop pengembangan kurikulum dan pelatihan metode penelitian dan publikasi ilmiah setiap tahun

c.        Memfasilitasi dosen dalam keikutsertaan seminar/konferensi ilmiah yang diselenggarakan organisasi/asosiasi keilmuan setiap tahun
Penguatan Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
15Setiap dosen melaksanakan minimal 1 penelitian yang dibiayai oleh DIPA atau Ristekdiktia.     Pengiriman dosen dalam kegiatan seminar, pelatihan atau workshop metode penelitian di lingkungan universitas atau di luar institusi setiap tahun

b.      Sosialisai informasi penelitian dari luar maupun dalam institusi di tingkat fakultas setiap tahun
16Setiap dosen telah mempublikasikan minimal 1 karya ilmiah dalam jurnal ilmiah yang memiliki ISSNa.       Penerbitan jurnal terakreditasi

b.       Dukungan terhadap pendanaan dan operasional dalam publikasi pada jurnal ilmiah
17Dosen mempublikasikan minimal 1 karya ilmiah dalam jurnal ilmiah tingkat internasionala.        Pengiriman dosen dalam kegiatan seminar, pelatihan atau workshop tentang metode penelitian di lingkungan universitas atau di luar institusi setiap tahun

b.        Sosialisasi informasi penelitian dari luar maupun dalam institusi di tingkat Fakultas setiap tahun

c.       Dukungan terhadap pendanaan dan operasional dalam penerbitan publikasi internasional
18Dosen minimal memiliki 1 kegiatan pengabdian kepada masyarakata.     Sosialisai informasi penelitian dari luar maupun dalam institusi di tingkat fakultas setiap tahun dalam kegiatan pengabdian Kerjasama

b.     Membangun kerjasama dengan pihak luar untuk memudahkan penyelenggaran kegiatan pengabdian masyarakat
19Dosen memiliki HaKIa.       Sosialisasi informasi tentang HaKI b.       Dukungan pendanaan dan operasional dalam pengurusan HaKI
20Dosen telah mendapatkan jabatan fungsional lektor kepalaa.       Sosialisasi informasi tentang pengajuan lektor kepala kepada dosen

b.       Pengajuan dan dukungan operasional dalam pengurusan lektor kepala oleh jurusan
Penguatan Mahasiswa dan Lulusan
21Mahasiswa Setiap tahun minimal memiliki 1 prestasi baik lokal/nasionala.     Mendorong keikutsertaan mahasiswa dalam setiap even perlombaan dalam bidang akdemik maupun non akademik

b.     Mendukung keikutsertaan mahasiswa dalam lomba tingkat nasional

c.     Dukungan terhadap pendanaan dan operasional dalam penyelenggaraan kegiatan kemahasiswaan

d.     Melakukan pembinaan terhadap mahasiswa dalam kegiatan Olimpiade Teknik Informatika dan LKT
22Mahasiswa ikut serta dalam penelitian dosen• Menawarkan penelitian-peneltian yang dilakukan dosen kepada mahasiswa terutama yang akan melakukan tugas akhir
23Alumni mendapatkan atau menciptakan pekerjaan dalam waktu minimal 3 bulan setelah lulusa.     Memberikan softskill kepada mahasiswa dalam masa studinya diantaranya melalui mata kuliah kewirausahaan

b.     Menjaga komunikasi secara intens dengan para alumni
24Keterlibatan alumni dalam kegiatan pengembangan Program studi·       Melibatkan para alumni dalam kegiatan pengabdian masyarakat jurusan/prodi
Penguatan Sarana dan Prasarana
25Memiliki ruang perkualihan yang representatif·       Mengajukan Secara Bertahap Kepada Universitas Melalui Fakultas
26Memiliki laboratorium yang representatif untuk kegiatan pengajaran dan penelitian·       Mengajukan secara bertahap kepada Universitas melalui Fakultas
27Memiliki ruang baca/perpustakaan Program Studi·       Mengajukan Secara Bertahap Kepada Universitas Melalui Fakultas
28Memiliki koleksi buku dan sumber pustaka lainnya dalam bidang Teknik Informatikaa.     Memasukan dalam RAB setiap tahun secara periodik untuk pembelian bukubuku yang dibutuhan dosen dan mahasiswa

b.     Berlangganan jurnal nasional terakreditasi

c.     Menjalin kerjasama dengan pihak luar dan alumni dalam pengadaan buku
29Memiliki akses internet yang cukup untuk mengakses informasi secara luas khususnya jurnal nasional dan internasionala.     Mengajukan akses internet di tingkat Program Studi di tahun 2015

b. Membuat WIFI Program Studi yang dapat diakses oleh dosen dan mahasiswa Teknik Informatika
30Terintergrasinya sistem informasi akademik di tingkat universitas·         Mengajukan usulan kepada pihak fakultas dan universitas berkaitan dengan perlunya sistem informasi akademik secara terintegrasi
Scroll to Top